5 Fakta Hari Pelanggan Nasional yang Jatuh pada Hari Ini

Hari Pelanggan Nasional tahun ini jatuh pada hari Rabu (4/9/2019). Setiap tahunnya, Hari Pelanggan Nasional diwarnai dengan promo dan diskon yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan.

Rupanya Hari Pelanggan Nasional sudah berlangsung cukup lama di Indonesia. Berikut sejarah dan fakta menarik Hari Pelanggan Nasional yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Sejarah Hari Pelanggan Nasional

Hari Pelanggan Nasional atau Harpelnas digagas oleh CEO Frontier Group dan pakar pemasaran Handi Irawan pada tahun 2003 dan diperingati pada tanggal 4 September setiap tahunnya. Harpelnas diadakan dengan tujuan untuk memompa semangat perusahaan dalam memuaskan pelanggan.

2. Dicanangkan oleh Megawati Soekarnoputri

Hari Pelanggan Nasional dicanangkan oleh Presiden kelima Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri pada 4 September 2003. Pencanangan tersebut dihadiri oleh sekitar 200 jajaran direksi berbagai perusahaan dan BUMN.

3. Logo Khusus

Hari Pelanggan Nasional juga memiliki logo khusus yang melambangkan senyum manusia dengan warna dasar hijau. Senyum di logo ini menandakan kepuasan pelanggan, sedangkan warna hijau dipilih karena menggambarkan kesejukan, rasa bersahabat dan keramahan.

4. Diramaikan dengan Parade

Selain rangkaian diskon dan promo dari berbagai perusahaan dan penyedia jasa, Hari Pelanggan Nasional juga diramaikan dengan event seperti Seminar Harpelnas dan Parade Simpatik Harpelnas.

Parade Simpatik Harpelnas sendiri telah diadakan pada tanggal 1 September 2019 lalu bertepatan dengan Car Free Day di Jakarta. Parade ini diikuti oleh berbagai perusahaan dan BUMN yang turut berpartisipasi di Hari Pelanggan Nasional.

5. Banjir Promo dan Diskon

Pada Hari Pelanggan Nasional 2019 sejumlah gerai makanan, minuman, operator telekomunikasi, bank, penyedia jasa dan banyak perusahaan lainnya memberikan promo, diskon dan voucher bagi para pelanggannya.

Beberapa bisnis yang menawarkan promo pada Hari Pelanggan Nasional tahun ini antara lain Pizza Hut, KFC, Sushi Tei, Telkomsel, Astra Motor, dan masih banyak lagi. (vmp/lus)

 

Sumber:  detik.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *