Ketika Pelanggan Diperlakukan Spesial

Bagaimana jadinya jika pimpinan perusahaan turun tangan langsung melayani pelanggan? Itu pula yang dilakukan sejumlah perusahaan di industri keuangan non bank dalam menyambut Hari Pelanggan Nasional yang diperingati pada 4 September.

Salah satunya, President Director PT Mandiri Tunas Finance Arya Suprihadi. Dia mengantar sendiri kendaraan baru yang dibiayai MTF untuk pelanggan ritelnya di Cinere, Depok.

Hal serupa juga dilakukan jajaran direksi dan kepala cabang di 99 kantor cabang MTF yang mengantarkan sendiri mobil yang telah dipesan hingga ke alamat pelanggan. Kegiatan ini baru pertama kali dilakukan dan akan berlanjut untuk peringatan di tahun berikutnya.

“Ini menjadi kejutan yang belum pernah dilakukan di industri multifinance ini. Pesan dari ini bahwa kami menghargai pelanggan. Banyak hal yang dapat kami bicarakan, menerima banyak masukan, mengetahui bagaimana pesan dan kesan pelanggan kepada perusahaan,” katanya dalam peringatan Hari Pelanggan Nasional, Selasa (4/9).

Arya mengatakan, pelayanan ini diberikan kepada pelanggan loyal. Rata-rata dari mereka telah mengajukan pembiayaan lebih dari dua kali kepada perusahaan.

Dari kegiatan itu, imbuhnya, perusahaan banyak memperoleh masukan dari pelanggan. Pelanggan menginginkan tingkat bunga pinjaman yang lebih rendah dan proses persetujuan pembiayaan yang lebih cepat. Dia mengatakan, perseroan menjunjung tinggi komitmen dalam memberikan pelayanan terbaik sebagai salah satu budaya perwira MTF yakni fokus pada pelanggan.

“Pelanggan pasti ingin bunga yang lebih rendah lagi, tetapi kami akan menyesuaikan dengan pasar. Kemudian, kecepatan proses. Kami akan mempelajari bagaimana mekanismenya supaya bisa lebih cepat,” imbuhnya.

Hari Pelanggan Nasional juga diperingati PT BNI Life Insurance dengan memberikan kejutan kepada pelanggannya. Manajemen BNI Life memberikan apresiasi kepada pelanggan individu yang berulang tahun pada Hari Pelanggan Nasional dengan mendatangi kediaman pelanggan dan memberikan kue ulang tahun.

Direktur Utama BNI Life Shadiq Akasya menuturkan, tema perayaan Hari Pelanggan Nasional tahun ini adalah pemimpin yang melayani pelanggan.

Pelayanan juga diberikan kepada karyawan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BNI) sebagai salah satu pelanggan asuransi kesehatan terbesar.

Pelayanan diberikan melalui penyelenggaraan Health Check dan dan Health Talk di 10 Kantor Wilayah BNI yakni Senayan, BSD, Jakarta Kota/Kemayoran, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar dan Palembang.

Pelayanan yang sama juga diselenggarakan di 6 Kantor Layanan Jakarta, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Denpasar, Palembang, dan Bandung. Pihaknya juga memberikan 22 polis asuransi untuk pelanggan di 6 Kantor Layanan tersebut.

“Melayani pelanggan bagi kami punya arti lebih dari sekadar memastikan kebutuhan perlindungan mereka terpenuhi, tetapi bagaimana kami mampu melayani setiap pelanggan dengan penuh hati sehingga terciptanya layanan prima bagi seluruh pelanggan,” jelasnya.

Dia menyebutkan, perseroan berkomitmen memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk memperoleh layanan terbaik. Salah satu kemudahan yang dinikmati pelanggan melalui Eazy Claim yakni proses klaim hanya 25 menit.

Dengan demikian, pencairan klaim dapat langsung diterima melalui transfer cair sepanjang syarat-syarat telah terpenuhi.

“Di hari pelanggan ini, kami berharap selalu memberikan yang terbaik dan berinovasi untuk memberikan pelayanan dan perlindungan,” katanya.

Dalam rangka memperingati Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada 4 September 2018, jajaran direksi dan manajerial PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) juga turun langsung menemui pelanggan dan berinteraksi dengan mereka.

Bagi Julian Noor, Chief Executive Officer Adira Insurance, pelanggan sangatlah penting. Perusahaan selalu menitikberatkan perhatian kepada Pelanggan sebagai acuan dalam menjalankan strategi bisnis.

“Momen ini juga kami gunakan untuk mengucapkan terima kasih kepada Pelanggan,” kata Julian.

Program-program yang dilakukan pada  Hari Pelanggan Nasional berupa pelayanan langsung yang diberikan oleh para direksi dan jajaran manajerial. Para direksi melakukan kunjungan langsung ke beberapa partner Adira Insurance seperti perusahaan broker, dealer & leasing, perusahaan bank, hingga perusahaan alternatif bisnis lainnya.

“Tujuannya kami ingin lebih mendekatkan diri lagi kepada perusahan-perusahaan rekanan kami, karena mereka adalah pelanggan terbaik dalam bisnis kami,” lanjut Julian.

Tak sampai di sana, jajaran manajerial Adira Insurance juga melakukan penjemputan bagi pelanggan yang mengajukan klaim atau pengantaran kendaraan bagi pelanggan yang kendaraannya sudah selesai secara langsung ke kediaman pelanggan. Laporan diterima dari Autocillin Mobile Claim Application di area Jakarta Selatan, Bekasi, hingga Cengkareng.

“Inti dari Hari Pelanggan, kami ingin melibatkan seluruh manajemen Adira Insurance untuk terjun langsung bertemu dengan pelanggan baik corporate business hingga retail business. Termasuk memberikan pelayanan pick up dan delivery kendaraan secara langsung kepada pelanggan saat Hari Pelanggan berlangsung,” jelasnya.

Sementara itu, PT Mandiri Tunas Finance memberikan bonus asuransi personal accident bagi pelanggan. Nilai pertanggungan polis tersebut mencapai Rp100 juta dengan masa pertanggungan 1 tahun. Perseroan telah menyiapkan 8.000 polis untuk program ini.

Direktur Utama MTF Arya Suprihadi mengatakan, perseroan memberikan apresiasi kepada pelanggan bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional.

“Kami turun langsung melayani pelanggan. Selain itu, direksi MTF juga mengantarkan sendiri mobil yang dipesan hingga ke alamat pelanggan, sekaligus bersilaturahmi dengan pelanggan dan keluarganya,” katanya.

Selain itu, perseroan juga menghadirkan program lain seperti promo Harpelnas DP 9%, gratis cokelat untuk pembayaran angsuran di Alfamart, voucher promo untuk produk VKool di Jabodetabek, bonus cashback KadoMTF melalui Tokopedia dan program loyalty MTF berupa Fiestapoin Bank Mandiri untuk setiap aktivitas yang dilakukan selama tenor pembiayaan di MTF.

Adapun, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan membagikan 1.000 kartu uang elektronik pada dua stasiun kereta di Jakarta yaitu Stasiun Jakarta Kota dan Stasiun Palmerah.

Pembagian kartu dilakukan langsung oleh Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Krishna Syarif dan Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan Inda D Hasman. Masing-masing e-money tersebut berisi Rp20 ribu dan dibagikan kepada pengguna kereta yang memiliki kartu BPJS Ketenagakerjaan.

“Cara untuk memperoleh Kartu uang Elektronik ini juga sangat mudah, peserta hanya perlu menunjukkan kartu BPJS Ketenagakerjaan dan KTP kepada Panitia Harplenas BPJS Ketenagakerjaan,” kata Krishna.

Kemeriahan Harpelnas tidak hanya dirasakan oleh pekerja yang berada di sekitar dua stasiun tersebut, seluruh Kantor Cabang dan Kantor Cabang Perintis juga ikut merayakan dengan mendekorasi hiasan di ruang pelayanan menjadi lebih menarik dan mewajibkan frontliner untuk menggunakan pakaian unik saat memberikan pelayanan kepada peserta.

Selain itu BPJS Ketenagakerjaan juga membagikan souvenir menarik melalui kuis berhadiah kepada peserta yang dapat menjawab pertanyaan seputar BPJS Ketenagakerjaan atau berulang tahun di Bulan September.

“Harpelnas ini juga merupakan momen untuk lebih peka dalam memahami kebutuhan peserta atau pelanggan agar dapat memberikan kepuasan sesuai dengan yang mereka harapkan,” tutur Krishna.

Hari pelanggan nasional merupakan momen ketika pelanggan diperlakukan istimewa.

 

Azizah Nur Alfi & Reni Lestari

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *